Teks eksplanasi oleh Ading Pradana



Penyebab Memburuknya Kebersihan Lingkungan

Pernyataan umum
          Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang ideal untuk tempat hidup dan menjalankan aktivitas. Lingkungan bersih harus memenuhi beberapa syarat seperti tersedianya air bersih, udara segar, banyak tanaman yg tumbuh di tanah, dsb. Namun seiring berjalanya waktu, kualitas lingkungan semakin memburuk akibat ulah manusia yg tidak bertanggung jawab.
Urutan sebab akibat
          Kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan merupakan momok utama bagi permasalahan ini. Sering orang membuang sampahnya sembarangan. Bahkan ada juga orang yang secara terang-terangan membuang sampah tidak pada tempatnya walaupun sudah ada tempat sampah dan tanda larangan. Akibatnya, banyak sampah berserakan yang membuat pandangan menjadi tidak enak dan bau busuk dimana-mana.
Urutan sebab akibat
          Seiring dengan betambahnya jumlah penduduk, volume sampah juga bertambah. Dalam satu hari, rata-rata sampah yang dihasilkan mencapai 2kg per orang. Bayangkan berapa banyak sampah yang ada di tempat penampungan sampah. Itu pun kalau sampahnya diangkut, kalau tidak maka sampah-sampah tersebut akan mencemari air, tanah dan udara.
Urutan sebab akibat
          Dalam penanganan sampah, banyak orang yang masih melakukan kesalahan. Kebanyakan orang membakar sampah, menguburnya, atau membuangnya ke sungai. Padahal kalau sampah dibakar akan menghasilkan gas beracun, kalau sampah seperti plastic dikubur akan sulit terurai, kalau dibuang ke sungai pun akan mengakibatkan banjir.
Urutan sebab akibat
          Seiring bertambahnya penduduk juga, banyak lahan digunakan sebagai tempat tinggal. Akibatnya tidak ada lahan resapan air dan tidak ada tanaman yg tumbuh.
Urutan sebab akibat
          Selama ini peran pemerintah dalam masalah kebersihan dinilai masih kurang. Hal ini dapat kita ketahui dari lemahnya aturan tentang kebersihan lingkungan, kurangnya tempat pengolahan limbah, dan kurangnya petugas kebersihan. Jadi banyak orang yang masih suka membuang sampah sembarangan, menggunungnya sampah di tempat pembuangan, dan banyaknya sampah yg tidak terangkut ke tempat pembuangan.

1 komentar: