Teks Prosedur Protokol oleh Ghaluh Putik D K



Prosedur Protokol
Langkah Menjaga perekonomian di Jawa Timur Tetap stabil
Tujuan
          Kebutuhan barang dan jasa masyrakat bagian timur di cukupi dari jatim. Untuk itu diperlukan pemikiran yang cerdas dan realistis dari  institusi keuangan jatim,supaya pertumbuhan ekonomi tetap stabil bahkan mengalami peningkatan. Beberapa langkah agar menstabilkan atau meningkatkan perekonomian di jawa timur,adalah sebagai berikut:
Langkah-langkah :

1.     Kesadaran masyarakat serta pemerintah akan pentingnya manjaga serta berperan dalam membantu mensejahterakan bangsa lewat cara masing masing terutama dalam hal keuangan atau ekonomi. Perlu adanya kesadaran dari pihak pribadi untuk hidup sejahtera.
2.    Adanya sosialisasi Penguatan OJK (otoritas jasa keuangan )di daerah untuk menjaga perlindungan konsumen,dengan demikian pemahaman masyarakat tengtang institusi jasa keuangan semakin meningkat,sehingga industri keuangan terus semakin membaik. Cukup pentingnya peran BUMD khususnya sebagai salah satusumber PAD di Daerah, maka tentu saja BUMD dituntut agar lebih profesional dan lebihefisien dalam melaksanakan usahanya.
3.    Tidak hanya pengolahan dari sektor-sektor besar yakni industri,perdagangan,hotel dan restoran,tetapi juga usaha kecil dan menengah  di dukung yang dapat membantu dan menekan angka pengangguran. Usaha kecil juga menciptakan sumber daya manusia yang lebih produktif agar tujuan daerah segera tercapai misal adalah sejahtera.
4.    Sektor lain juga berperan seperti sektor pariswisata,kerajinan,perikanan,tekstil,harus memiliki cara tersendiri untuk membantu menjaga kestabilan ekonomi jawa timur. Dalam meningkatkan pengunjung bidang pariwisata,suatu tempat wisata dibutuhkan kegiatan memaksimalkan marketing dan promosi tentang obyek wisata tersebut dengan cara memperbanyak promosi wisata melalui media cetak maupun elektronik, tentang wisata yang dapat dikunjungi,memperbaiki  fasilitas sarana dan prasarana kepariwisataan pada tiap daerah tujuan wisata. Dalam sektor kerajinan dan tekstil dapat meningkatkan kreativitasnya atau dengan mengkombinasiakan barang tradisional dengan sentuhan moderen kemudian di eksport. Sektor perikanan perlu adanya sosialisasi tentang pentingnya makan ikan agar masyarakat meningkatkan minatnya dan untuk menambah penghasilan.

0 komentar:

Posting Komentar