Teks Eksposisi oleh Afifah Hanun



Teks Eksposisi

Pentingnya Menekan Angka Kemiskinan di Indonesia

*      Pernyataan Pendapat
Kemiskinan merupakan masalah yang global dan dapat mencoreng nama baik suatu negara termasuk negara kita, Indonesia. Karena itu, sangat penting bagi Indonesia untuk terus menekan angka kemiskinannya.
*      Argumentasi 1

Pertama, karena tingkat kemiskinan di suatu negara menjadi tolak ukur berhasil atau tidaknya sistem perekonomian suatu negara. Jika di Indonesia angka kemiskinan tetap tinggi, maka sistem perekonomiannya bisa dikatakan gagal atau belum berhasil. Sistem perekonomian yang baik merupakan ciri negara maju, maka sistem perekonomian Indonesia yang gagal dapat mengakibatkan Indonesia semakin jauh dari mimpinya menjadi negara maju.
*      Argumentasi 2
Selain itu, angka kemiskinan yang tinggi akan sangat memengaruhi bidang pendidikan dan bidang kesehatan di Indonesia. Saat banyak masyarakat yang miskin otomatis kualitas pendidikan dan kesehatan mereka akan memburuk. Buruknya kualitas tersebut menjadikan Indonesia tetap jadi negara berkembang.
*      Argumentasi 3
Kemudian, angka kemiskinan yang tinggi akan membuat banyaknya kasus kejahatan seperti perampokan, pembunuhan dan lain-lain. Mereka menghalalkan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan ekonominya karena kurangnya lapangan pekerjaan.
*      Argumentasi 4
Selanjutnya, tingginya angka kemiskinan juga menambah banyaknya deretan kasus bunuh diri. Orang-orang miskin nekat melakukan bunuh diri dikarenakan putus asa karena kebanyakan dari mereka terbelit hutang yang tidak bisa dibayar hingga mereka merasa hidup mereka tidak ada gunanya lagi.
*      Argumentasi 5
Terakhir, angka kemiskinan yang tinggi akan merusak citra bangsa di mata dunia. Bahkan tahun 2010 jumlah masyarakat yang miskin di Indonesia melebihi jumlah warga negara Malaysia secara keseluruhan. Pencitraan yang buruk inilah yang menghambat kemajuan Indonesia.
*      Penegasan Ulang Pendapat
Alasan-alasan diatas sudah tentu sangat memberikan gambaran bagaimana dampak dari adanya kemiskinan yang tidak mempengaruhi satu aspek saja tetapi sangat mempengaruhi berbagai aspek kehudupan manusia. Seperti kita lihat bahwa memang realitas di lapangan memang terjadi seperti itu dimana kemiskinan menjadikan masyarakat menjadi beban bagi pemerintah. Oleh karena itu, sangat penting bagi Indonesia untuk terus memberantas kemiskinan jika ingin menjadi negara maju.

0 komentar:

Posting Komentar