Teks Eksposisi Nasionalisme oleh Desy Sukmawati



Teks Eksposisi
Pudarnya Rasa Nasionalisme dan Patriotisme Berhimbas pada Kehancuran Bangsa


Tesis
          Seiring berkembangnya zaman,rasa nasionalisme dan patriotisme dikalangan pemuda kian memudar. Hal ini dibuktikan dari berbagai sikap pemuda dalam memaknai hal penting di Indonesia.



Argumentasi 1

          Contoh kecil yang menggambarkan betapa kecilnya rasa nasionalisme dan patriotisme para pemuda, antaranya pada saat upacara bendera masih banyak pemuda yang tidak memaknai arti dari upacara tersebut. Upacara merupakan wadah untuk menghormati dan menghargai para pahlawan yang telah berjuang keras untuk mengambil kemerdekaan dari tangan penjajah. Para pemuda seakan sibuk dengan pikirannya sendiri, tanpa mengikuti upacara dengan khidmad.

Argumentasi 2
          Pada peringatan hari-hari besar nasional seperti, Hari Kemerdekaan, Sumpah Pemuda, Hari Pendidikan Nasional, Hari Kartini. Sebagian besar pemuda Indonesia hanya memaknainya sebagai seremonial dan hiburan saja tanpa menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam benak mereka.
Argumentasi 3
         Lebih tertariknya pemuda terhadap produk impor dibandingkan dengan produk buatan dalam negeri.
Argumentasi 4
         Pada HUT RI ke 68 antusias masyarakat indonesia mulai surut, seperti partisipasi masyarakat untuk memasang bendera merah putih sangat minim.

Argumentasi 5
         Remaja Indonesia saat ini lebih senang menyanyikan lagu-lagu Korea dibandingkan lagu Nasional dan lebih senang menghafal artis-artis luar dibanding pahlawan yang terdahulu.


Argumentasi 6
          Banyak pemuda yang mengadopsi segala bentuk perbuatan maupun budaya luar yang tak sesuai dengan jati diri bangsa. Contohnya dalam hal berpakaian, pemuda kini mengikuti gaya berbusana budaya barat yang tentunya bertentangan dengan adab berpakaian budaya timur yaitu berpakaian sopan sesuai dengan kepribadian bangsa.
Argumentasi 7
          Adanya banyak orang yang beranggapan bahwa nasionalisme dan patriotisme adalah hal yang kuno yang hanya ada pada zaman dahulu
Penegasan Ulang Pendapat
        Setelah melihat beberapa alasan diatas, dengan memudarnya rasa nasionalisme dan patriotisme pemuda indonesia mengakibatkan moral generasi muda menjadi rusak dan terjadi kemunduran jiwa nasionalisme yang dapat mengancam dan menghancurkan bangsa Indonesia

1 komentar: