Teks Anekdot oleh Rahmadhona G I


Teks Anekdot

 

abstraksi

            Pada hari kamis, saat jam pertama di kelas 8f pada suatu Sekolah Menengah Pertama. Jam pertama di kelas 8f saat hari kamis adalah pelajaran seni tari.

           

Orientasi

Saat itu guru seni tari sedang menjelaskan ujian praktek yang akan dilaksanakan 3 minggu lagi. Guru tersebut menjelaskan bahwa siswa dapat menarikan tari daerah tari klasik, atau tari modern. Ketika siswa praktek juga harus mengumpulkan proposal dan asal tarian yang dibawakan.

Krisis

            Saat siswa berkelompok, salah satu kelompok sedang mendiskusikan tari yang akan dibawakan. Seseorang dari mereka mengajukan usul tari pendet. Siswa yang lain setuju, dan bertanya” darimana asal tari pendet?”. Kelompoknya tidak menjawab karena mereka juga tidak tahu, tapi mereka sering mendengar nama tarian tersebut. Akhirnya salah satu dari kelompok mereka yaitu Zain, bertanya pada guru seni tari mereka. “Bu, darimana asal tari pendet?”. Guru tersebut tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Saddan. “Saudara Saddan, coba dijawab pertanyaan saudara Zain tadi.” Pinta bu guru. Dengan tegas Saddan menjawab, “Dari Malaysia bu...!”

 

Reaksi

            Siswa lain yang mendengar hal tersebut tentu tertawa, sedangkan bu guru hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Saddan, “Saudara Saddan, darimana saudara tahu kalau tari pendet berasal dari Malaysia?”

            Dasar Saddan, pertanyaan bu guru dijawabnya dengan tegas, “saya pernah liburan ke Malaysia dan saya melihat ada tari Pendet di salah satu iklan TV swasta Malaysia bu...!”

            Semua siswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan dan bingung.

Koda

            Akhirnya bu guru menjelaskan bahwa tari Pendet berasal dari Bali dan tari Pendet pernah diclaim oleh Malaysia. Tapi sekarang Tarip Pendet telah kembali ke Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar