Teks Negosiasi oleh Afanin F


Negosiasi wayang kulit


      Suatu siang di sebuah kios wayang di pasar Klewer Solo Jawa Tengah. Ada sebuah negosiasi antara pembeli dan penjual.

Pembeli : siang mbak

Penjual  : siang ada yang bisa di bantu bu

Pembeli : saya mau cari wayang srikandi dan  arjuna ada mbak ?

Penjual : oia ada mau yang ukuran apa dan kualitas yang apa bu?

Pembeli : yang kualitas bagus berapa mbak?

Penjual : kalau yang kecil Rp. 400.000, yang sedang Rp. 700.00 , yang besar Rp. 1.200.000

Pembeli : saya mau yang kualitas bagus mbak tapi ya jangan segitu di kurangi kan saya beli 1 pasang?

Penjual : wah tidak bisa bu harganya dari sana sudah begitu saya hanya ambil 50.000

Pembeli : memang bedanya apa mbak?

Penjual : ya jelas beda bu, dari kualitas kulit, seni pahatnya, pewarnaannya, kalo yang kualitas bagus ini ukirannya lebih banyak dan rapi. Kalau yang kualitas biasa ya kurang bagus bu.

Pembeli : gini saja arjuna sama srikandi 2000.000 saja gimna? Mereka kan sepasang

Penjual : wah saya rugi bu, kalau segitu mana boleh

Pembeli : berapa kalau gitu mbak? Jangan mahal-mahal di diskon saya kan jauh-jauh hanya mau cari wayang

Penjual : ya sudah 2.350.000 bu itu saya sudah rugi

Pembeli : 2.200.000 saja to mbak ya

Penjual : memangnya mau ibu buat sendiri atau binggkisan ?

Pembeli : mau saya pakai sendiri mbak, boleh ya ?

Penjual : naikan sendiri bu saya rugi

Pembeli : ya sudah 2.300.000 gimana ?

Penjual : ya sudah khusus ibu

Pembeli : makasih ya mbak

Penjual : iya ibu sama – sama saya bungkuskan dulu ya

Pembeli : iya mbak

Penjual : ini bu barangnya

Pembeli : iya ini uangnya mbak

Penjual : njih bu makasih sudah membeli di toko saya

Pembeli : iya sama-sama saya juga makasih

Penjual : hati-hati di jalan bu selamat sampai tujuan

Pembeli : iya mbak makasih

 

0 komentar:

Posting Komentar