Teks Eksplanasi oleh Afifah Hanun



Teks Eksplanasi

Penyebab Kemiskinan di Indonesia

*      Pernyataan Umum.
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi kekurangan hal-hal yang biasa untuk dipunyai seperti makanan, pakaian, tempat berlindung dan air minum. Kemiskinan terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu perbedaan kualitas sumberdaya manusia, pembangunan yang belum merata, adanya kasus korupsi, dan kurang maksimalnya pengelolaan sumber daya yang dimiliki Indonesia.


*      Urutan Sebab Akibat
Kemiskinan muncul akibat perbedaan dalam kualitas sumberdaya manusia. Kualitas sumberdaya manusia yang rendah berarti produktifitasnya rendah, yang pada gilirannya upahnya rendah. Rendahnya kualitas sumberdaya manusia ini karena rendahnya pendidikan, nasib yang kurang beruntung, adanya diskriminasi atau keturunan. 

*      Urutan Sebab Akibat
Pembangunan yang belum menyebar secara merata terutama di daerah pedesaan juga merupakan penyebab kemiskinan. Penduduk miskin di daerah pedesaan pada tahun 2006 diperkirakan lebih tinggi dari penduduk miskin di daerah perkotaan. Kesempatan berusaha di daerah pedesaan dan perkotaan belum dapat mendorong penciptaan pendapatan bagi masyarakat terutama bagi rumah tangga miskin.

*      Urutan Sebab Akibat
Berbagai kasus korupsi yang ada di Indonesia juga menyumbang peran dalam pertambahan angka kemiskinan di Indonesia . Uang bertrilyun-trilyun yang seharusnya mampu mensejahterakan seluruh masyarakat Indonesia hilang sia-sia hanya untuk dikorupsi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

*       Urutan Sebab Akibat
Kurang maksimalnya pengelolaan sumber daya alam juga menjadi penyebab kemiskinan di Indonesia. Beberapa sumberdaya alam di Indonesia ada yang dikelola oleh perusahaan asing, dan itu menyebabkan Indonesia tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari sumberdaya alam yang dimilikinya. Apabila semua sumberdaya alam di Indonesia dikelola sendiri oleh pemerintah Indonesia, pasti masyarakat Indonesia akan benar-benar sejahtera.


0 komentar:

Posting Komentar