Teks Eksplanasi oleh Desy Sukmawati



Teks Eksplanasi

Penyebab pudarnya Rasa Nasionalisme dan Patriotisme Bangsa Indonesia
Pernyataan Umum
                           Rasa nasionalisme dan patriotisme dikalangan pemuda indonesia mulai memudar. Hal tersebut akibat dari cepatnya arus globalisasi, pemerintahan pada zaman reformasi, Demokratisasi, dan tertinggalnya bangsa Indonesia dengan Bangsa lain.
Urutan Sebab-Akibat

                           Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Dampak globalisasi merasuk dalam berbagai bidang kehidupan termasuk bidang politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Dampak tersebut meliputi dua sisi yakni dampak positif dan negatif. Selain mempunyai dampak positif, munculnya globalisasi juga berdampak negatif. Dampak negatif dari globalisasi yaitu globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa Liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga, tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila menjadi Ideologi Liberalisme. Jika hal tersebut terjadi akibanya rasa nasionalisme bangsa akan hilang.
Urutan Sebab-Akibat
                           Pemerintah pada zaman Reformasi yang jauh dari harapan pemuda Indonesia, sehingga membuat mereka kecewa pada kinerja pemerintah saat ini. Terkuaknya kasus-kasus korupsi, penggelapan uang negara dan penyalahgunaan kekuasaan oleh para pejabat tinggi negara membuat para pemuda enggan untuk memikirkan dan memperhatikan lagi pemerintahan di Indonesia.
Urutan Sebab-Akibat
                           Demokratisasi yang melewati batas etika dan sopan dan maraknya unjuk rasa yang menyalahi aturan, telah menimbulkan frustasi dikalangan pemuda dan hilanganya rasa nasionalisme dan patriotisme, sehingga yang ada hanya sifat malas, egois, dan emosional.
Urutan Sebab-Akibat
                           Tertinggalnya Indonesia dengan negara-negara maju lainnya dalam segala bidang, contonya dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sangat tertinggal jauh juga dapat menyebabkan para pemuda tidak bangga lagi menjadi bangsa Indonesia dan memudarnya rasa nasionalisme dan patriotisme pada diri pemuda.

0 komentar:

Posting Komentar