Teks Eksplanasi oleh Tri Wahyuni



Teks Eksplanasi “Penyebab Dokar dan Bajaj semakin menghilang “
1.     Pernyataan umum
Transportasi umum yang ada di Indonesia banyak macamnya dari transportasi darat , laut, hingga udara . Namun sekarang banyak alat transportasi yang umum digunakan dahulu sekarang sudah hampir punah Seperti halnya dengan bajaj dan dokar yang sekarang susah kita temui.
2.     Urutan Sebab-Akibat
Terdapatnya alat transportasi yang lebih cepat untuk mencapai suatu tempat menyebabkan masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan alat transportasi seperti bus atau kereta.
3.     Urutan Sebab-Akibat
Kenyamanan alat transportasi juga menjadi suatu pertimbangan masyarakat indonesia dalam memilih lat transportasi. Karena jika menggunakan dokar kita kurang nyaman , misal kita bisa terkena asap kendaraaan lain secara langsung tanpa ada pelindung. Jika kita menggunakan bus kita bisa terhindar dari asap kendaraaan karena bus lebih tertutup dari pada dokar.
4.     Urutan Sebab-Akibat
Jangkauan tempat yang lebih jauh yang dapat dicapai oleh alat transportasi seperti bus atau kereta dibanding dokar dan bajaj menjadi pemicu utama masyarakat meninggalkan alat transportasi dokar dan bajaj untuk beralih ke bus atau kereta yang dapat mencapai suatu tempat yang jauh dengan waktu yang relatif cepat. Maka dari itu sekarang sudah tidak banyak kita temui alat transportasi umum seperti dokar dan bajaj atau bahkan sulit untuk kita jumpai.

0 komentar:

Posting Komentar