Teks Eksplanasi oleh Yessi Yualisa



Teks eksplanasi.
PENYEBAB BANJIR

Pernyataan umum
Sekarang ini banyak masyarakat yang tidak mempedulikan lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan, menebang hutan secara liar, tidak melakukan reboisasi, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa berdampak bencana bagi masyarakat sekitar. Berbagai cara dilakukan pemerintah setempat untuk mengantisipasi penyebab-penyebab terjadinya bencana yang disebabkan oleh tangan jail manusia, namun sampai  sekarang bencana itu masih belum bisa diatasi. Sebagai contoh bencana banjir yang setiap tahun melanda Ibu Kota DKI Jakarta.

Urutan sebab akibat
Pembuangan sampah tanpa diolah terlebih dahulu mengakibatkan banyak sampah menumpuk. Setiap hari sampah-sampah itu terus bertambah hingga mengakibatkan gunung sampah. Melihat situasi itu, hanya beberapa orang yang memanfaatkan sampah organik maupun yang non-organik menjadi pupuk. Kebanyakan orang membuang sampah di sungai, hingga mengakibatkan sungai penuh oleh sampah. Pada saat musim penghujan tiba, sungai penuh oleh air yang berasal dari hulu, ditambah lagi sampah yang menumpuk hingga badan sungai tidak mampu menampung air dan sampah sehingga terjadilah banjir.

Urutan sebab akibat
Masih menggunakannya konsep drainasi konvensional dan belum beralih ke konsep ekodrainasi. Seluruh air hujan yang jatuh di suatu wilayah pada musim penghujan harus secepat cepatnya dibuang ke sungai dan seterusnya dibuang ke laut, inilah konsep drainasi konvensional. Dengan demikian sungai sungai akan menerima beban yang melampaui kapasitasnya sehingga meluap atau terjadi banjir. Dampak dari pemakaian konsep drainasi konvensional selain banjir juga bisa mengakibatkan kekeringan dan longsor.

Urutan sebab akibat
Menjadikan kawasan hutan sebagai kawasan perumahan atau pusat perbelanjaan, mengakibatkan semakin sedikitnya tanah untuk daerah resapan air. Itu disebabkan karena pembuatan lapisan keras permukaan tanah yang dapat mengakibatkan sulitnya air hujan meresap ke tanah. Menebang pohon secara liar dan tidak melakukan penghijauan kembali terhadap hutan yang gundul mengakibatkan semakin rendahnya daya dukung DAS. Akibat hancurnya DAS banjir akan terjadi di musim penghujan. Hal ini karena pada musim penghujan seluruh air dengan cepat mengalir ke hilir, maka terjadilah banjir.

Urutan sebab akibat
Sampah yang dibuang masyarakat ke sungai kebanyakan akan mengendap di dasar sungai. Apalagi kalau sampah tersebut setiap hari bertambah banyak. Pengendapan sampah tersebut mengakibatkan pendangkalan pada dasar sungai. Pendangkalan pada dasar sungai mengakibatkan sungai sudah tidak mampu menampung debit air berlebih. Apabila sungai tidak mampu menampung air yang melewatinya, maka air tersebut akan meluap dan akhirnya menyebabkan  banjir.

0 komentar:

Posting Komentar