Teks Eksposisi oleh Ading Pradana



INDONESIA SEBAGAI NEGARA TERBERSIH
Tesis
          Sebagai Negara yang sedang berkembang, Indonesia mungkin akan mengalami beberapa perubahan yang besar. Salah satunya dalam masalah kebersihan. Maka tak khayal jika nantinya Indonesia akan menjadi Negara terbersih di dunia.
Argumentasi
          Pemerintah Indonesia sebenarnya sudah peduli akan kebersihan lingkungan. Sebagai bukti, mereka telah membuat beberapa peraturan tentang kebersihan.
Contohnya peraturan pemerintah nomor 81 tahun 2012 tentang pengolahan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.
Argumentasi
          Di beberapa kota di Indonesia sudah sering dijumpai acara-acara seperti penanaman pohon dan car free day. Tujuan utama acara tersebut adalah mengurangi polusi di udara, sehingga dapat mengurangi dampak dari polusi itu sendiri.
Argumentasi
          Baru-baru ini di beberapa kota besar seperti Bandung telah benar-benar mengajak masyarakatnya untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Di kota itu telah terpasang spanduk yang berisi ajakan membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan inspeksi kebersihan, dan memberlakukan aturan yang membuat masyarakat jera. Hal ini membuat masyarakat nyaman hidup di bandung karena kotanya yang bersih. Mungkin hal tersebut akan ditiru oleh kota-kota lain di Indonesia.
Argumentasi
          Berdirinya beberapa organisasi pecinta alam yang peduli akan lingkungan sekitar. Mereka sering mengadakan kegiatan yang tujuannya adalah menjaga lingkungan tetap asri.
Penegasan ulang pendapat
          Dengan adanya fakta-fakta di atas dapat mendorong Indonesia untuk jadi Negara terbersih. Tapi jika masyarakatnya masih belum sadar akan kebersihan lingkungan, maka kebersihan lingkungan di Indonesia tidak akan berubah dari yang sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar