Teks Eksplanasi oleh Ghaluh Putik D K



Teks Eksplansi
Menurunnya perekonomian di jawa timur
Pernyataan Umum
          Secara umum struktur ekonomi jawa timur jika di lihat dari struktur PDRB didominasi oleh tiga sektor,antara lain: pertanian,industri manufaktur dan perdagangan,hotel dan restoran. Peran masing-masing sebesar 16,34%,28,14%,dan 28,42%. Namun semua mengalami peurunan akibat Daya manusianya, tenologinya, serta cara berpikir yang kurang maju dan lain-lain.
Urutan Sebab- Akibat

Sebagian angkatan kerja di jawa timur adalah ” low skilled” atau tenaga kerja dengan pendidikan rendah . Data Survei Angkatan Kerja Nasional(Sankernas) menjelaskan bahwa lebih sari 55 persen angkatan pendidikan di jawa timur memiliki tingkat pemdidikan sekolah dasar atau di bawahnya,dan 21 persen angkatan kerja tidak pernah memasauki bangku sekolah dasar atau tidak tamat,dan hanya 6 persen dari angkatan kerja yang menikmati pendidikan setelah SMA. Di kota angkatan kerja  mencapai 44 persen sementara di desa hanya 15 persen. Hal ini mengakibatkan kemampuan tenaga kerja rendah atau menurunnya kualitas pikiran .
Urutan sebab -AKibat
          Cara berpikir kebanyakan adalah hanya berpikir namun tidak bertindak dan hanya menerima nasib mereka seperti itu seakan tidak bisa berubah, setiap menanyakan bagaimana hidup anda apakah akan seperti ini terus? mereka menjawab dengan penuh kepasrahan ya apapun yang Tuhan berikan,saya terima padahal saya yakin kita bisa berubah menjadi lebih baik. Cara berfikir yang tidak mau berusaha dan hanya menerima itu yang menyebabkan rendahanya pendapatan.
 Urutan Sebab Akibat
          Komsumsi masayrakat . untuk sektor dan restoran menurun akibat adanya kebijakan pemerintah mengenai pembatasan rapat di hotel, agar menghamat anggaran pemerintah. Larangan ini merupakan bentuk pemercepatan reformasi birokrasi yang menekan penggunaan anggaran negara. Akibaatnya penghasilan bidang hotel menurun .
Urutan Sebab Akibat
          Pemerintah kurang berminat dengan karya teknologi anak sendiri. Dan akhirya mengimport dari negara kebanyakan dari negara china padahal kita ketahui bahwa buatan china mudah mengalami kerusakan dan untuk memperbaiki nya membutuhkan biaya lagi. Hal tersebut mengakibatkan pemborosan.
urutan sebab Akibat
          kinerja rupiah yang terdepresiasi signifikan pasca tahun 1997 mampu meninkatkan biaya bahan baku industri terutama yang di import dari luar negeri. Ini memperngaruhi biaya produksi PHR serta industri.

0 komentar:

Posting Komentar